Minggu, 28 Februari 2016

METODE CARD SORT



METODE CARD SORT



Pengertian Metode Card Sort

Metode, ditinjau dari etimologisnya metode berasal dari bahasa Yunani yaitu “methodos”. Maka metode memiliki arti suatu jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan. Dalam pemakaian yang umum, metode diartikan sebagai cara melakukan suatu pekerjaan dengan menggunakan fakta dan konsep-konsep secara sistimatis. Dalam pandangan filosofis pendidikan, misalnya suatu metode tertentu pada suatu situasi kondisi tertentu dapat digunakan untuk membangun atau memperbaiki. Dari kegunaannya dapat bergantung pada si pemakai, bentuk dan kemampuan metode sebagai alat dalam pembelajaran.

Sebaliknya monoprakmatis bilamana metode tersebut mengandung satu macam, kegunaan untuk satu macam tujuan penggunaan implikasi yang bersifat konsisten, sistimatis, dan kebermaknaan menurut kondisi sasarannya, sehingga pendidik dituntut untuk berhati-hati dalam penerapannya.

Metode Card Sort merupakan metode yang menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat kerjasama, saling menolong dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan lewat permainan kartu. Menurut Hisyam Zaini, dalam bukunya Strategi Pembelajaran Aktif, metode card sort merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengerjakan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang objek atau mereview informasi. Metode ini juga menekankan terhadap gerakan fisik, yang diutamakan dapat membantu untuk memberi energi kepada suasana kelas yang mulai jenuh. Karena aktifitas pembelajaran yang sangat padat.

Prinsip-Prinsip Metode Card Sort
Secara umum prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam card sort yang diturunkan dari prinsip belajar adalah:
1.      Interaktif
2.      Inspiratif
3.      Menyenangkan
4.      Menantang
5.      Memberi motivasi

Dalam proses belajar mengajar siswa dapat belajar dengan menggunakan metode card sort jika siswa terlibat secara langsung/aktif dalam belajar. Adapun komponen-komponen belajar metode card sort meliputi:
1.      Pengalaman
2.      Interaksi
3.      Komunikasi
4.      Refleksi

Langkah-langkah metode card sort
Penerapan metode card sort tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran. Dengan cara menggunakan kartu-kartu yang dibuat oleh seorang guru. Di dalamnya terdapat poin-poin yang berkaitan tentang suatu materi. Langkah-langkah yang digunakan ketika menerapkan metode card sort dalam pembelajaran adalah:
1.      Setiap siswa diberi potongan kertas yang berisi informasi atau contoh yang tercakup dalam satu atau lebih kategori.
2.      Mintalah siswa untuk bergerak dan berkeliling di dalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama. Anda dapat mengumumkan kategori tersebut sebelumnya atau membiarkan siswa menemukan sendiri.
3.      Siswa dengan kategori yang sama diminta mempresentasikan kategori masing-masing di depan kelas.
4.      Seiring dengan presentasi dari tiap-tiap kategori tersebut, berikan poin-poin terkait materi.

Catatan
1.      Mintalah setiap kelompok untuk menjelaskan tentang kategori yang mereka selesaikan.
2.      Pada awal kegiatan bentuklah beberapa tim. Beri tiap tim satu set kartu yang sudah di acak sehingga kategori yang mereka sortir tidak nampak. Mintalah setiap tim untuk mensortir kartu-kartu tersebut ke dalam kategori-kategori tertentu. Setiap tim memperoleh nilai untuk setiap kartu yang disortir dengan benar.

Kepustakaan

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2002.

Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif menyenangkan, Yogyakarta:  Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: PUSTAKA INSANI Madani, 2008.

Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.


4 komentar: