METODE CARD SORT
Pengertian Metode Card Sort
Metode,
ditinjau dari etimologisnya metode berasal dari bahasa Yunani yaitu
“methodos”. Maka metode memiliki arti suatu jalan yang dilalui untuk
mencapai tujuan. Dalam pemakaian yang umum, metode diartikan sebagai cara melakukan
suatu pekerjaan dengan menggunakan fakta dan konsep-konsep secara sistimatis.
Dalam pandangan filosofis pendidikan, misalnya suatu metode tertentu pada suatu
situasi kondisi tertentu dapat digunakan untuk membangun atau memperbaiki.
Dari kegunaannya dapat bergantung pada si pemakai, bentuk
dan kemampuan metode sebagai alat dalam pembelajaran.
Sebaliknya
monoprakmatis bilamana metode tersebut mengandung satu
macam, kegunaan untuk satu macam tujuan penggunaan implikasi yang
bersifat konsisten, sistimatis, dan kebermaknaan menurut kondisi sasarannya,
sehingga pendidik dituntut untuk berhati-hati dalam penerapannya.
Metode Card
Sort merupakan metode yang menciptakan kondisi pembelajaran
yang bersifat kerjasama, saling menolong dan tanggung jawab
dalam menyelesaikan tugas yang diberikan lewat permainan kartu.
Menurut Hisyam Zaini, dalam bukunya Strategi Pembelajaran Aktif, metode card
sort merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengerjakan
konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang objek atau mereview
informasi. Metode ini juga menekankan terhadap gerakan fisik, yang diutamakan
dapat membantu untuk memberi energi kepada suasana kelas yang mulai jenuh.
Karena aktifitas pembelajaran yang sangat padat.
Prinsip-Prinsip Metode Card Sort
Secara umum
prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam card
sort yang diturunkan
dari prinsip belajar adalah:
1.
Interaktif
2.
Inspiratif
3.
Menyenangkan
4.
Menantang
5. Memberi
motivasi
Dalam proses
belajar mengajar siswa dapat belajar dengan menggunakan
metode card sort jika siswa terlibat secara langsung/aktif
dalam belajar. Adapun komponen-komponen belajar metode
card sort meliputi:
1. Pengalaman
2. Interaksi
3. Komunikasi
4. Refleksi
Langkah-langkah metode card sort
Penerapan
metode card sort tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran.
Dengan cara menggunakan kartu-kartu yang dibuat oleh seorang
guru. Di dalamnya terdapat poin-poin yang berkaitan tentang suatu
materi. Langkah-langkah yang digunakan ketika menerapkan metode
card sort dalam pembelajaran adalah:
1.
Setiap siswa diberi potongan kertas yang berisi informasi atau contoh
yang tercakup dalam satu atau lebih kategori.
2.
Mintalah siswa untuk bergerak dan berkeliling di dalam kelas untuk menemukan
kartu dengan kategori yang sama. Anda dapat mengumumkan
kategori tersebut sebelumnya atau membiarkan siswa
menemukan sendiri.
3.
Siswa dengan kategori yang sama diminta mempresentasikan kategori
masing-masing di depan kelas.
4.
Seiring dengan presentasi dari tiap-tiap kategori tersebut, berikan poin-poin
terkait materi.
Catatan
1.
Mintalah setiap kelompok untuk menjelaskan tentang kategori yang
mereka selesaikan.
2. Pada awal
kegiatan bentuklah beberapa tim. Beri tiap tim satu set kartu
yang sudah di acak sehingga kategori yang mereka sortir tidak
nampak. Mintalah setiap tim untuk mensortir kartu-kartu tersebut
ke dalam kategori-kategori tertentu. Setiap tim memperoleh
nilai untuk setiap kartu yang disortir dengan benar.
Kepustakaan
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam,
Jakarta: Ciputat Pres, 2002.
Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif
menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta:
PUSTAKA INSANI Madani, 2008.
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Konstruktif, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
Terimakasih atas penjelasanya
BalasHapusContoh
BalasHapusPenulis ini siapa ya
BalasHapusMetode ini bagus utk diterapkan. Sekaligus dapat menghilangkan kejenuhan dlm pembelajaran.
BalasHapus