METODE PEMBELAJARAN READING GUIDE
Pengertian Metode Pembelajaran Reading
Guide
Ditinjau dari segi etimologi (bahasa),
metode berasal dari bahasa Yunani, yaitu “methodos”. kata ini terdiri dari dua
suku kata, yaitu “metha” yang berarti melalui atau melewati, dan “hodos” yang
berarti jalan atau cara. Maka methode memiliki arti suatu jalan yang dilalui
untuk mencapai tujuan.1
Pembelajaran merupakan proses yang
diselenggarakan oleh guru untuk membelajarkan peserta didik dalam belajar
bagaimana memperoleh dan memproses pengetahuan , ketrampilan dan sikap. Metode
Reading Guide adalah metode yang memandu peserta didik untuk membaca panduan
yang disiapkan oleh guru sesuai dengan materi yang akan diajarkan dengan waktu
yang sudah ditentukan, disisi lain guru juga akan memberi pertanyaan yang
membahas seputar materi
yang telah dibaca peserta didik.2
Dengan metode pembelajaran Reading
Guide ini diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang kondusif. Metode
pembelajaran Reading Guide ini bertujuan untuk membantu peserta didik
lebih terfokus dan mudah dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Melihat dari faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya
adalah perhatian peserta didik dalam pembelajaran, maka di sini penulis
menawarkan metode pembelajaran Reading Guide untuk memfokuskan perhatian
peserta didik supaya dapat berkonsentrasi penuh dan mudah memahami pelajaran
yang di sampaikan oleh guru. Konsentrasi berarti memusatkan perhatian kepada
situasi belajar tertentu. Menghimpun dan mencurahkan segenap daya mental untuk
mempelajari sesuatu berarti merupakan belajar yang sebenarnya. Makin kuat
konsentrasi, makin efektiflah belajar itu.3 Dengan konsentrasi dan pemahaman
peserta didik maka prestasi belajar akan meningkat.
Langkah-langkah Metode Pembelajaran
Reading Guide
Langkah-langkah penerapan metode
pembelajaran Reading Guide sebagai berikut :
a. Guru menentukan bacaan yang akan
dipelajari oleh peserta didik
b. Guru membuat pertanyaan-pertanyaan
yang dapat diisi oleh peserta didik dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi
c. Guru membagi bahan bacaan dengan
pertanyaan kepada peserta didik
d. Guru memerintahkan peserta didik untuk
mempelajari bahan bacaan tersebut dengan menggunakan pertanyaan yang ada. Guru
juga membatasi aktivitas tersebut sehingga tidak menghabiskan waktu yang
berlebihan
e. Guru membahas pertanyaan-pertanyaan
tersebut dengan menanyakan jawaban kepada peserta didik
f. Pada akhir pembelajaran guru memberi
ulasan atau penjelasan secukupnya.
g. Guru melakukan kesimpulan,
klarifikasi, dan tindak lanjut.
terimakasih
BalasHapusKak bisa sheer buku tentang reading guide?
BalasHapus