METODE PERMAINAN KARTU BERGAMBAR
Permainan merupakan alat bagi anak untuk menjelajahi dunia,
dari apa yang tidak dikenali sampai apa yang diketahui, dan dari yang tidak
dapat diperbuat sampai mampu melakukan. Bermain merupakan kegiatan yang sangat
penting bagi anak seperti halnya kebutuhan terhadap makanan bergizi dan
kesehatan untuk pertumbuhannya. Cohen (dalam
Sugiarsih, 2010: 5) juga menganggap bahwa
bermain merupakan pengalaman belajar. Bermain bagi anak memiliki nilai dan ciri
yang penting dalam kemajuan perkembangan kehidupan sehari-hari.
Permainan merupakan aktivitas yang bersifat simbolik, yang
menghadirkan kembali realitas dalam bentuk pengandaian misalnya bagaimana jika,
atau apakah jika yang penuh makna. Dalam hal ini permainan dapat menghubungkan
pengalaman-pengalaman menyenangkan atau mengasyikkan, bahkan ketika siswa
terlibat dalam permainan secara serius dan menegangkan sifat sukarela dan
motivasi datang dari dalam diri siswa sendiri secara spontan. Permainan
memiliki ciri-ciri sebagai berikut; (1) adanya seperangkat pengetahuan yang
eksplisit yang mesti diindahkan oleh para pemain, (2) adanya tujuan yang harus
dicapai pemain atau tugas yang mesti dilaksanakan.
Permainan bahasa merupakan permainan untuk memperoleh
kesenangan dan untuk melatih keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara,
membaca dan menulis). Apabila suatu permainan menimbulkan kesenangan tetapi
tidak memperoleh keterampilan berbahasa tertentu, maka permainan tersebut bukan permainan bahasa.
Sebaliknya, apabila suatu kegiatan melatih keterampilan bahasa tertentu, tetapi
tidak ada unsur kesenangan maka bukan disebut permainan bahasa.
Permainan
Kartu Bergambar dapat memberikan suatu situasi belajar yang santai dan
menyenangkan. Siswa dengan aktif dilibatkan dan dituntut untuk memberikan
tanggapan dan keputusan. Dalam memainkan suatu permainan, siswa dapat melihat
sejumlah kata berkali-kali, namun tidak dengan cara yang membosankan. Guru
perlu banyak memberikan sanjungan dan semangat. Hindari kesan bahwa siswa
melakukan kegagalan. Jika permainan sukar dilakukan oleh siswa, maka guru perlu
membantu agar siswa merasa senang dan berhasil dalam belajar.
Ada
beberapa Permainan Kartu Bergambar antara lain sebagai berikut:
1. Memilih Kata
Cara
membuat: Pada
kartu yang panjang ditempeli sebuah gambar sederhana. Di samping gambar ditulis
suatu pilihan tiga kata, satu yang sesuai dengan gambar dan dua yang mirip
dengan gambar. Pada punggung kartu warnai suatu ruang untuk menyatakan kata
yang benar. Kemudian disediakan jepit kertas.
Cara
Bermain: Dua
orang siswa memutuskan kata mana yang sepadan dengan gambar, kemudian menaruh
jepit di samping kartu kata itu. Untuk mengecek baliklah kartu.
Melengkapi
Kalimat
Pada
kartu yang panjang tertulis kalimat dengan satu kata hilang. Pada kartu tersebut
diberi celah untuk kata-kata yang hilang. Kemudian membuat kartu gambar yang
cocok dengan celah itu.
Cara
membuat: Sebuah
kalimat ditulis diatas kartu panjang dengan satu kata dihilangkan. Pada kata
yang dihilangkan tersebut dilubangi untuk menyelipkan kartu yang cocok untuk
melengkapi kalimat. Kemudian membuat kartu-kartu kata yang salah satunya cocok
untuk celah pada kartu kalimat.
Cara
Bermain: Satu
atau dua orang membaca kalimat dan mencocokkan kartu-kartu gambar dalam spasi
yang kosong. Kemudian siswa menyelipkan kartu kata yang cocok pada celah kartu
kalimat.
Batu Loncatan
Cara
Membuat: Karton
atau kertas digunting menjadi sejumlah bundaran. Pada bundaran tersebut ditulis
nama anggota keluarga atau teman-teman. Kertas dapat bermacam-macam warna.
Cara
Bermain: Guru
melakukan suatu perintah, misalnya “Loncat ke Ayah”. Siswa harus menemukan
bundaran yang benar dan melompat disitu sambil menunggu perintah selanjutnya.
Dapat juga diubah menjadi sebuah permainan pembentukan kalimat. Dengan
memasukkan kata kerja dan bagian-bagian lain dari bahasa lisan. Siswa harus
melompat ke bundaran-bundaran itu dalam urutan yang benar agar tersusun sebuah
kalimat.
TOGEL ONLINE
BalasHapusPOKER
TOGEL SINGAPORE
TOGEL HONGKONG
TOGEL SYDNEY
SLOT GAME
TANGKAS
SABUNG AYAM
CASINO ONLINE
SPORTBOOK